Selasa, 25 April 2017

Suasana Hati Nyaman, Menulispun Lebih Lancar





Pernahkah mengalami macet berfikir? macet menulis? kehabisan ide untuk nge blog?, atau apakah kamu butuh penyemangat buat nge blog?, supaya nulis tambah lancar jaya begitu, hehehe.

Aku bilang sih itu pendamping aja buat ngeblog, kan mata nih tidak terus menerus pandangi layar laptop, enggak sehat juga kali, lagi pula jenuh juga kan.

Sebagian orang mungkin memang butuh pendamping buat ngeblog atau penyemangat agar ide lebih deras mengalir, sehingga tulisanpun akan tertuang dengan lancar.


Mungkin sebagian lain belum tentu membutuhkan penyemangat ketika menulis, karena baginya menulis itu suatu yang alirannya demikian lancar, tanpa penyemangatpun tak ada masalah baginya.

Buat aku, 'kawan' ketika menulis tak menentu, tidak selalu membuat rencana apa yang mau dijadikan 'kawan' ketika aku nulis. Aku lebih memilih menyiapkan suasana saja supaya ngeblognya enak. 

Siapa 'kawan' aku saat ngeblog?
  • Suami
    Hah, suami? Iya, ketika suami aku sudah nggak ada kerjaan lagi, dia akan temani aku menulis. Suami aku biasanya menemani sambil melakukan aktifitas kecil. Membaca, corat coret sketsa, atau sambil mengantuk, hehehe.
    Kadang kami diskusi juga, ketika aku tanyakan hal yang tak aku ketahui dalam tulisanku.
  • Bahan bacaan
    Bisa dipastikan, saat aku menulis, meja kecil di dekatku pasti isinya buku, surat kabar, majalah atau catatan lain yang sesekali akan aku buka lalu kubaca.
    Tentunya mejanya bukan meja yang aku gunakan untuk menulis, karena meja untuk menulis hanya berisi laptop, HP untuk diputar musiknya, dan kotak pensil.
  • Musik
    Hampir bisa dipastikan musik tak perneh lewat menjadi 'kawan' saat aku menulis. Aku suka mendengarkan radio FM yang tak ada iklannya, lewat sebuah handphone.
  • Minuman
    Minuman juga menjadi pilihan bagiku untuk menjadi 'kawan' dalam menulis. Jenis minuman tak tentu, tergantung suasana juga, hehehe. Ketika siang hari yang panas, aku lebih sering memilih minuman segar, atau air mineral.
    Sore hari yang dingin aku terkadang ditemani kopi, atau coklat, atau teh.
  • Makanan Ringan
    Sesekali, aku nyambi ngemil saat nulis, tapi sangat jarang sekali kulakukan, karena jadi susah fokus, terus semut pasti nantinya akan berdatangan.
  • Buat suasana enak
    Aku menulis di kamar, tepat dibalik jendela, yang viewnya jalanan dan hijau daun. Terkadang aku memindah tanaman agar dari dalam ada penampakan bunga atau tanaman yang menyejukkan mata, hehehe.

Sesekali kopi


Cemilan sama teh anget


Sebenarnya sih buatku menulis lebih ke mengarahkan suasana hati saja, agar selalu semangat menulis. Mungkin kendala paling mengganggu untuk menulis adalah ketika badan lelah. Buatku ketika badan lelah memang harus istirahat benar, malah mungkin dengan tidur hehehe.


Mungkin bisa diakali dengan mandi, tapi biasanya sehabis mandi malah jadi ngantuk, ujung-ujungnya tidur deh.

Pemandangan inipun menyenangkan kok

Mengarahkan suasana hati

Buatku, pada dasarnya banyak hal yang bisa membuat hatiku enak, bener. Hal kecil yang kutemukan di sekitar tempat menulis bisa membuat hati enak, hati tersenyum, atau malah tertawa, hehehe.

Kalau hati enak, hati nyaman, maka untuk menulis sudah terkondisi dengan enak, menulispun lancar jaya.

Coba saja, carilah dengan mata hatimu, hal-hal di sekitarmu yang membuatmu tersenyum, membuatmu merasa hangat atau nyaman. Pasti banyak, misalnya lihat saja cicak berkejaran, pasti membuatmu tesenyum.

Atau melihat kucing sedang tidur, bisa membuatmu tersenyum. Nah senyumanmu itu akan menjalar ke hatimu, eaaa. Ketika hati enak maka menulispun jadi semangat, sok buktikan saja.

14 komentar:

  1. hati senang dan nyaman, menulis pun riang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mas, sing penting hati senang

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. tempat yang nyaman, pemandangan di depan laptop segar, ada camilan dan minuman, hmmm... tambah nikmat ngeblog n nulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, dibawa seneng aja lah, ntar nulis juga lancar

      Hapus
  3. Mood nulisku ga bisa ditebak mba klo nemu ide weh lgsg bisa nulis dg cepat klo ga nemu yo wis susah :D

    BalasHapus
  4. ngopi di deket jendela sambil laptopan, damai pokoknya , moodnya langsung ya mak :)

    BalasHapus
  5. benar sekali mbak, kita tuh nulis tidak bisa seharian mantengin laptop terus. Makanya perlu untuk otak istirahat sejenak

    BalasHapus
  6. ngopi sambil nulis artikel emang paling top mba

    BalasHapus
  7. ngopi memang teman seti para blogger mbk mantap pokoknya

    BalasHapus
  8. ngopi memang cocok untuk nemenin kita sehari hari

    BalasHapus
  9. Wah bener sekali itu mba, saya kalo nulis sih biasanya suka di temani oleh secangkir kopi cappucino buatan ibu tercinta hihihi, terkadang menulis itu suka tergantung mood juga yah mba ? Nah kalo misalkan lagi males nulis, solusinya kita harus gimana itu mba ?

    BalasHapus