Rabu, 25 Februari 2015

Cintaku Pada Buah Lokal

Buah-buahan yang berkualitas, sangat dianjurkan untuk banyak dikonsumsi karena kandungan yang terdapat dalam buah-buahan sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan gizi dan vitaminnya merupakan unsur ideal bagi kesehatan tubuh, terutama vitamin karena tubuh tidak bisa memperoduksi vitamin sehingga membuttuhkan vitamin yang banyak terdapat dalam buah-buahan.
Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka tubuh akan mendapatkan asupan gizi dan vitamin alami, dengan begitu tidak akan menimbulkan efek negatif.

Saat kecil, orang tuaku sering menyediakan buah-buahan, tentu saja buah lokal, terlebih karena beberapa jenis buah kami tanam dikebun kami. Di kebun kami ada beberapa pohon buah, meskipun tidak banyak jenisnya, seperti buah pisang, jambu air, jambu kluthuk ( istilah untuk jambu batu ), jambu sukun, pepaya, sirsak.

Guava Crystal
Ada banyak alasan kenapa saya jatuh cinta pada buah lokal
1. Mencegah Penyakit Degeneratif
Sebagai seorang survivor kanker, asupan buah sangat aku perhatikan. Aku memilih   buah lokal  karena aku  tidak ingin pestisida mengalir dalam darahku. Dalam hal ini, tak ada tawaran lain lagi selain mengkonsumsi buah lokal. Aku harus menjaga tubuhku dari kemungkinan terasupi zat makanan yang bisa membangunkan kanker yang aku idap.
Buah lokal pasti lebih sehat karena tidak dicegah proses pembusukannya alias buah lokal pasti tanpa pengawet. Bahan pengawet anti pembusukan sangat berbahaya bagi tubuh. Terkecuali buah import yang lalu dibudidayakan menjadi buah lokal, ini termasuk dalam kategori buah sehat.
Selain penyakit kanker, bahan pengawet juga menjadi pemicu penyakit degeneratif lain, seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes. Penyakit-penyakit degeneratif ini dikenal sebagai penyakit yang berat, dan sulit untuk disembuhkan. Dengan mengkonsumsi buah lokal maka kita akan terhindar dari penyakit-penyakit ini.

2. Lebih Bernutrisi
Kenapa buah lokal lebih bernutrisi? karena buah lokal datang dari tempat yang dekat, dipetik saat tua, dan langsung dibawa ke tempat penjualan, hanya membutuhkan waktu yang sangat pendek, sehingga kandungan gizi dan nutrisinya tentu lebih afdol, sehingga vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita lebih optimal.

3. Harga Lebih Ramah
Harga buah lokal, tentu saja lebih murah dibandingkan dengan buah import, karena perjalananya tidak membutuhkan waktu yang panjang dan tidak membutuhkan biaya yang besar, sehingga harga jualpun tidak terlalu mahal.

4. Menjaga Udara Indonesia
Dengan mengurangi konsumsi buah impor,maka transportasi yang berhubungan dengan impor buahpun akan berkurang sehingga polusi udara juga akan terkurangi Banyak mengkonsumsi buah lokal berarti membantu menjaga lingkungan udara Indonesia.

5. Sebagai Bentuk dari Sikap Nasionalisme
Mengkonsumsi buah lokal berarti sebuah pemihakan kepada para petani Indonesia yang dengan dedikasi tinggi dan kesetiaanya tetap menggeluti dunia pertanian dengan cinta mereka. Dengan mengkonsumsi buah lokal maka kita ikut berpartisipasi memberdayakan dan mensejahterakan para petani.

Saat ini di Indonesia sudah ada sebuah distributor besar buah-buahan yaitu PT Sewu Segar Nusantara dengan menggunakan merk Sunpride.  Perusahaan ini  menyediakan lebih dari duapuluh jenis buah dimana 80% diantaranya adalah buah lokal. 
 Hal ini tentu saja semakin memudahkan kita masyarakat untuk menikmati segarnya buah lokal, dan ini sebuah lompatan besar oleh sebuah perusahaan yang harus diapresiasi dengan baik oleh masyarakat. Selain kualitasnya bagus, keamanan untuk konsumen terjaga, buah dengan merk Sunpride ini juga penampilannya menarik. Dahulu, aku kira buah ini buah impor, karena ada label yang menempel saat aku membeli pisang cavendishnya atau kadang-kadang pepaya. 
 
Salah satu jenis buah yang disediakan oleh PT Sewu Segar Nusantara adalah jambu batu atau Guava Crystal yang memiliki nama latin Psidium guajava yang berasal dari Brasil dan masuk ke Indonesia melalui Thailand. Jambu ini selain rasanya manis dan segar, teksturnya yang spesifik yaitu tidak terlalu lunak menimbulkan keasyikan tersendiri saat kita memakannya. Kawan-kawan  di desa saya sering berujar kalau  jambu ini enaknya langsung dibrakot, ( brakot adalah menggigit buah utuh, buah yang belum dipotong-potong ).

Buah  Guava Crystal disebut sebagai buah yang istimewa karena kandungan nutrisi dan gizinya sangat berlimpah sehingga bisa dipastikan akan menyehatkan badan.
  • Kandungan berbagai vitamin didalamnya sangat dibuthkan badan, misalnya vitamin C yang ada dalam buah jambu batu ini 87 mg, dua kali lipat dibandingkan dengan buah jeruk manis yang kandungan vitamin C nya berkisar 49 mg. Seperti diketahui, vitamin C merupakan unsur yang dibutuhkan untuk menjaga stamina badan agar lebih kuat melawan infeksi dan melawan radikal bebas dalam tubuh. Karena radikal bebas merupakan salah satu pemicu penyakit kanker, maka mengkonsumsi buah jambu biji ini sangat bermanfaat untuk mencegah atau mengurangi resiko terkena penyakit kanker.
  • Guava Crystal juga merupakan sumber vitamin B, vitamin B selain merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, juga sekaligus berfungsi sebagai asupan nutrisi bagi otak.
  • Kandungan kalium dalam Guava Crystal merupakan unsur penting dari sel dan cairan tubuh. Dimana sel dan cairan tubuh ini akan membantu mengkontrol detak jantung dan tekanan darah.
  • Sumber serat larut yang dimiliki Guava Crystal  ( 5,4 gr per 100 gr buah, sekitar 14 % dari DRA ), sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Serat larut ini akan melindungi pencernaan dari efek racun dan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.
  •  Berbagai kandungan nutrisi lain yang tak bisa disebutkan satu persatu.
  • Mengkonsumsi Guava Crystal cukup fleksibel, yaitu dengan dimakan langsung tanpa dipotong, dipotong kecil terlebih dahulu, dijadikan jus atau bahkan menjadi campuran cake.
  • Guava Crystal Sunpride juga sudah mendapatkan sertifikat "Bebas Residu Pestisida dan Tanpa Formalin" unjtuk kulit dan daging buah jambunya. 
  • Penjaminan kualitas buah dalam hal keamanan bagi konsumen, produk buah diujicobakan ke badan legal yang cukup dikenal di masyarakat yaitu Sucofindo.
Selain mendistribusikan buah-buahan lokal ke seluruh jaringannya di kota-kota besar di Indonesia, PT Sewu Segar Nusantara juga melakukan edukasi kepada para petani buah, agar produksi panennya, menghasilkan buah yang berkualitas bagus.

Buah Guava Crystal ini merupakan satu dari sekian banyak buah-buahan lokal yang dikenal dengan merk dagang Sunpride . Dengan demikian, maka peran PT Sewu Segar Nusantara melalui Sunpride  sebagai sebuah perusahaan jasa distribusi adalah ikut serta menciptakan terwujudnya masyarakat sehat Indonesia, sebuah upaya yang patut diberi apresiasi.
Bagi masyarakat, tentunya sesudah mengetahui betapa buah lokal sangat bermanfaat bagi tubuh dan sangat aman untuk dikonsumsi, tentunya tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan lokal, terutama yang disediakan oleh Sunpride  karena kualitasnya yang terjamin.

Tulisan ini berpartisipasi dalam Sunpride: Fruit for Love Blogging Competition 

Sumber tulisan
1.  http://www.sunpride.co.id
2. www.health.kompas.com
3. www.stpp-bogor.ac.id
4. www.tabloidbintang.com

Eflyer_6Feb2015

11 komentar:

  1. Aku juga suka buah lokal bu.Pisang sunpride favorit anak anak

    BalasHapus
  2. kalo lagi bosen, menu sarapannya aku ganti pake pisang + susu. kenyang rek !

    BalasHapus
  3. Buah lokal selalu menyenangkan yaa

    BalasHapus
  4. Buahnya segar banget. Buah, mana buah? Hehehehe

    BalasHapus
  5. Jadi laper sendiri ngeliatnya huehehe

    BalasHapus
  6. Saya juga suka buah lokal mbak.... ^^

    BalasHapus
  7. Buah lokalll memang juaraaaaa,,,,,, jadi pengenbeli sekarang jugaaa

    BalasHapus
  8. kalo lagi bosen, menu sarapannya aku ganti pake pisang + susu. kenyang rek !

    BalasHapus
  9. Buahnya segar banget. Buah, mana buah? Hehehehe

    BalasHapus