Kamis, 25 Juli 2019

Insto Dry Eyes, Solusi Untuk Mata Kering Kamu

Siapa yang suka baca? aku suka banget baca, baca apa saja karena sejak kecil dijejali berbagai bacaan oleh orang tua aku, yah akhirnya terpupuk ya, hobi baca, apapun  bacaan itu.

Mulai bacaan ilmiah populer, fiksi, sosial, politik,dan sebagainya, dan  itu terus berlanjut sampai sekarang, bahkan sekarang rasanya hobi membaca semakin kuat.


Terlebih sekarang banyak menulis, dan pekerjaan menulis menuntut aku harus  membaca lebih banyak lagi. Membaca dan menulis, sebuah rangkaian yang sulit diputus, entah menulis dulu, ataukah membaca dulu, seperti ayam dan telur, hehe.



Bagiku membaca dan menulis sama meyenangkannya, sama-sama seperti sedang berenang, menyelam di lautan ilmu,bahkan kadang membaca membuat aku lupa waktu.

Jujur sih, interaksi aku dengan laptop lumayan tinggi, aku betah duduk di depan laptop 8-9 jam dalam sehari, tentunya tidak non stop ya, selang seling dengan kerjaan lain seperti masak,  ibadah, makan, bersih-bersih dan lainnya.


Demikian pula interaksi aku dengan Smartphone, kayanya sebelas dua belas deh sama laptop, kalau dijumlahkan waktu interaksi aku dengan dua benda itu mungkin mencapai sepuluh sampai dua belas jam sehari.


Masalahya, karena suka lupa waktu ketika membaca, akhir-akhir ini aku merasa mata aku ada gangguan, sering ada rasa nggak nyaman entah apa itu. Lalu aku mencoba mencari tahu di berbagai sumber.


Masalah pada mata


Akhir-akhir ini, aku sering merasa ada masalah ada mataku, mata sering terasa enggak enak banget, rasanya sih kadang kaya buat baca kabur, tulisan buram, dan kaya ada  yang memberati, rasa mata pegel.

Memang sih, biasanya kalau terlalu lama berada di depan laptop kadang terasa mata lelah ya, hanya karena kerjaan saat itu nggak bisa ditunda, maka nulis jalan terus. Bahkan tak jarang sekitar mata kaya ada yang halangi, berbayang  berdenyut lalu kadang mata perih.


Atau ketika malam hari nulis maraton, full nyaris tanpa jeda sampai larut malam, maka pagi hari bangun tidur selain kepala agak berdenyut, gangguan juga sampai ke mata, yaitu rasa mata sepet deh.


Kalau aku pikir sih kayanya memang aku kurang memberikan waktu istirahat untuk mata, mata terkadang terlalu diforsir, rasa mata panas, sedikit gatal, mata perih suka aku abaikan.


Ternyata, mata pegel, mata sepet dan mata perih itu memang gejala dari kondisi mata kering, pastinya tidak boleh dianggap remeh. Nah lho, mata kering? apa itu?.

Mata kering, itu sebuah kondisi dimana berkurangnya produksi airmata, nggak kebayang kan ya? aku juga awalnya nggak kebayang, hanya akui ngat,  dahulu sepupu aku waktu bayi, nangis nggak keluarkan air mata. Harus dibawa ke rumah sakit besar untuk dioperasi.


Kekurangan produksi air mata, menyebabkan air mata tidak bisa lagi menjadi pelumas mata kita dengan optimal. Tidak adanya air di dalam mata, menyebabkan mata tidak bisa mengeluarkan kotoran, debu, atau benda asing yang masuk ke dalamnya.


Inilah sebabnya, sehingga mata terasa tidak nyaman,  mudah terasa terbakar, panas dan perih, pegel, termasuk mata sepet juga merupakan gejala-gejala mata kering. Sekarang jadi tahu kan, terus nggak boleh lagi mengabaikan gejala-gejala seperti itu.


Lalu apa penyebab mata kering? Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun secara garis besar penyebab mata kering diantaranya adalah:


  • Polusi udara, seperti cuaca yang berdebu, panas, berangin menyebabkan mata panas dan perih. Jika berada dalam lingkungan yang seperti itu, dianjurkan untuk menggunakan pelindung, misalnya kacamata.
  • Berada dalam ruangan ber AC dalam jangka waktu yang panjang. Paparan AC yang terus menerus akan menyerap kelembaban tubuh, termasuk mata.
  • Terlalu lama berada di depan laptop, maupun dalam penggunaan gadget seperti smartphone. Efek radisi juga berpengaruh pada mata.
  • Fokus membaca dan menulis, sehingga jarang sekali mengerdipkan mata. Ini lebih kepada siuasi yang terlalu fokus.
  • Kekurangan Vitamin A


Solusi untuk mata kering 


Mata kering dengan berbagai gangguan yang aku rasakan memang bikin nggak enak banget, meskipun kelihatannya sepele, tapi aktifitas jadi nggak bisa dilakukan dengan nyaman dan tenang.

Selain itu, mata yang kering jika diabaikan akan berpotensi menjadi gangguan yang serius, duh enggak kebayang deh kalau mata kena gangguan serius. 

Karena aku juga nggak mau kan berlama-lama merasakan mata nggak enak, terganggu dan kerjaan nggak maksimal, aku lakukan beberapa hal.


Aku mengubah pola makan aku, sekarang aku banyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan lebih banyak lagi dibanding sebelumnya. Untuk sayurannya, aku banyak konsumsi wortel, brokoli, bayam, jagung. Buah-buahan yang banyak aku konsumsi seperti jeruk, buah naga, manggis.


Ternyata, agar bekerja maksimal, retina itu butuh dua jenis asam lemak omega 3 yaitu DHA atau Docosehaxaenoic Acid dan EPA atau Eicosapentaenic Acid, nah dua jenis asam lemak itu ada di ikan yang berleak seperti tuna, salmon, dan ikan air tawar lain.  Jadi sekarang aku lebih rajin makan ikan deh.


Sekarang, aku mengatur lagi waku jeda aku ketika menggunakan laptop, diantaranya sebelum lelah, sebaiknya istirahatkan mata, kerdipkan mata setelah 20 menit an setiap 20 menit berdiri dari kursi, istirahat 15 menit. Jarak mata jangan terlalu dekat dengan laptop/ smartphone. Posisi duduk diatur, jangan sampai mata berhadapan dengan cahaya yang bikin silau.


Aku sediakan Insto Dry Eyes agar aku bisa mengatasi berbagai keluhan pada mata, termasuk mengatasi mata kering. Memang sih, dari dulu, untuk obat tetes mata aku sediakan Insto, kali ini aku coba Insto Dry Eye yang memang khusus untuk mata kering.


Kenapa aku menggunakan Insto Dry Eyes untuk mata kering aku? karena cara kerjanya sebagai air mata buatan yang  berfungsi memberi pelumas dan melembabkan mata kering. 

Kandungan alaminya yang melumaskan itu seperti airmata, akan membuat mata kembali bening, segar sehingga bisa menangkal masuknya benda asing ke mata,dan meringankan iritasi akibat mata kering. 

Mata kembali nyaman saat beraktifitas, dengan Insto Dry Eyes, selesai sudah mata kering, lalu kamu tinggal bilang bye mata kering.

Kemasannya yang mungil, memudahkan untuk dibawa, praktis dimasukkan ke dalam tas, kamu bisa membelinya di apotik-apotik terdekat atau mini market.


Sumber referensi

www.doktersehat.com/mata-kering
www.alodokter.com/mata-kering

34 komentar:

  1. Insto ini memang sangat membantu kami dalam perjalanan mendaki gunung tahun ini. Musim panas dan kemarau bikin debu dan kotoran banyak banget. Pakai Insto Alhamdulillah Mata jadi terasa lebih baik

    BalasHapus
  2. Kebetulan obat tetes mata kami di rumah habis. Baca artikel ini jadi inget, mau stok insto dry eyes ah di rumah, buat mengatasi mata kering karena kebanyakan di depan laptop melulu seharian.

    BalasHapus
  3. kalo pake INSTO, bye bye mata kering ya Mbaaaa
    Jadi semangaaattt baca dan kerja depan laptop, yeayyy!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Aku juga stock insto ini juga soalnya bikin fresh banget cuma memang kalau merah gak terlalu cepat ngobatin. Hehehe lha iya ya kan ini buat mata kering

    BalasHapus
  5. Menurutku branding insto ini lumayan kuat ya.
    Sehingga kalau ada apa-apa dengan keluhan mata, insto lah yang langsung terlintas

    BalasHapus
  6. di rumah juga stock insto nih mba, barusan juga ditelepon pihak CS insto dan jujur aja aku emang pakai

    BalasHapus
  7. Aku suka baca. Makanya butuh sedia insto dry eyes selalu buat persiapan, ya

    BalasHapus
  8. Mata kering memang mengganggu banget. Apalagi di musim kemarau begini. Sering berhadapan dengan layar gadget pula. Untung ada Insto Dry Eyes sebagai solusi

    BalasHapus
  9. Mata kering kalau dibiarkan saja bisa berbahaya juga, ya. Jadi perlu diperhatikan banget nih kesehatan mata. Aku juga kadang gak sadar udah lama aja mata liat smartphone atau ngadep di PC. Hemm.. untung ada Insto Dry Eyes, ya.

    BalasHapus
  10. Akutu makanya selalu sedia Insto Dry Eyes deket laptop. Ya seharian di depan laptop pasti mata berasa kering dan perih gitu.

    BalasHapus
  11. Sekarang tu makin nggak bisa lama2 depan laptop. Mata sakit deh. Udah terpapar layar sekian lama jadi udah mulai nggak beres mataku.

    BalasHapus
  12. insto ini aman ga sih kak kalua dipakai dalam jangka waktu yang lama...? soale aku juga sering bgt nih mengalami yang namanya mata kering kaya gini...hehehe...

    BalasHapus
  13. Membatu banget yah insto emang bagus banget. makasih yah mbak udah ada ulasan tenang insto :)

    BalasHapus
  14. Beberapa hari ini mata aku sering kering nih mbak dan memang rasanya ngga enak banget, aku diemin aja sih, dan ternyata mata kering itu kurang baik ya.. jadi mata juga harus dijaga kelembabannya.. noted mbak pakai insto ya untuk mengatasi mata kering

    BalasHapus
  15. Pakai insto ini andalan Bu Tite. Dan bentuknya kecil jadi bawanya ya gampang :)

    BalasHapus
  16. Insto sih aku selalu sedia mba. Soalnya mataku sering kering karena pake softlens. Apalagi kan sering abnget di depan laptop, kalo udh kering buru buri deh tetesin insto

    BalasHapus
  17. Insto ini salah satu obat yang wajib ada, soalnya saat mata ada tanda mau iritasi langsung deh tetesin.
    Emang kalau kebanyakan liat layar gadget suka berisiko bikin mata lelah dan kering, maka sebaiknya jgn terlalu sering atau diselingin liat objek agak jauhan gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku di rumah juga selalu sedia insto mbak, soalnya aku pernah sakit mata yang parah jd agak trauma. So kalau skrng mulai ngrasa aneh ma mata bisa langsung aku tetesin Insto ini

      Hapus
  18. Di rumah saya pun selalu sedia insto karena bantu banget untuk atasi gangguan mata kering akibat kebanyakan kerja di depan laptop. Dan merek yang satu ini emang udah terpercaya sejak lama ya. Seingat saya, waktu saya SMA malah sudah ada.

    BalasHapus
  19. Aku tuh yang sering ngalami mata kering gara2 suka makn game komputer. Jadi sama dokter dikasi obat tetes utk mata kering. Seneg ya insto ngeluarin produk ini

    BalasHapus
  20. Iya nih jd diingetin banget harus jaga mata apalagi buat para blogger yang memang keseharian nya mantengin layar laptop atau gadget ya .

    BalasHapus
  21. buat kami yang pekerjaan dan hobi ada di depan computer ya penting bangeet untuk selalu sedia eye drop ini

    BalasHapus
  22. Beberapa hari ini di depan rumah kami banyak banget debu, akibatnya selain bersin-bersin, mata gatal juga menimpa kami, untung ada insto yang bisa kami andalkan untuk mengatasinya

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Baru tiga hari lalu mbak aku pake obat tetes mata lagi, setelah seminggu sebelumnya aku udah pakai juga. Memang kudu sedia terus nih di rumah, apalagi kalo sering interaksi ama layar.

    BalasHapus
  25. Insto ini ngebantu banget ya kak buat mengatasi masalah mata kering, saya sendiri jarang pakai sih tapi kalau misalnya kering banget baru deh.

    BalasHapus
  26. Akhir akhir ini mataku juga mudah lelah mbak tite, mungkin sebab sudah tua juga kali ya, dan sering terpapar sinar komputer atau hape. Alhamdulillah ada insto ya mbak, jadi kalau udah parah banget aku kasih aja, biar rileks lagi tu mata.

    BalasHapus
  27. sekarang kalau malem mataku kering dan gatel banget, kynya emang kudu pake tetes mata deh

    BalasHapus
  28. Sebagai pengguna Ojol, aku harus selalu bawa Insto, biar pas sampai tujuan, mata ngga merah kena debu jalanan...

    Thanks for sharing mbaaa

    BalasHapus
  29. Nah ini dia losusi cepat dan tepat untuk mengatasi keluhan pada mata kita. Apalagi kita sering laptopan ya, kadang maat terasa perih, lelah. Langsung pakai Insto dry eyes aja deh. Mudah cara pakainya tinggal ditetets aja. TFS mbak Tite :)

    BalasHapus
  30. Iya ya, bun. Kadang kalau kita lagi dikejar deadline, mata pegel banget natao laptop. Jadi berasa kering.

    Taoi ada solusinya pakai insto ya? Ade juga pakaininsto, tapi yg kemasan biru putih

    BalasHapus
  31. Insto buat aku solusi setelah seharian beraktivitas bu. Nyaman aman buat mata karena langsung melembabkan.

    BalasHapus
  32. Insto dari dulu dipercaya buat solusi mata kering ya bu, semenjak aku kecil, turun temurun dari kakek, keluarga, pake insto

    BalasHapus
  33. Insto ini obat tetes mata yang kukenal sejak kecil karena ortuku sedia ini di rumah. Kalau ada anggota keluarga yang mata mulai merah karena iritasi, debu, dll pasti langsung dikasih insto tetes mata

    BalasHapus