Sabtu, 12 Maret 2016

Resep Lodeh Daun Singkong Tempe Bosok

 
 Lodeh daun singkong tempe bosok

Semenjak aku tinggal di kota Bogor, aku sering kangen dengan menu masakan Jawa, karena tidak mudah menemukan menu yang dahulu sering aku makan. Salah satu menu kegemaranku adalah sayur lodeh yang bumbunya dicampur dengan tempe bosok.

Ada juga yang menyebutnya dengan nama tempe semangit, berasal dari kata sangit, semangit artinya serasa seperti sangit, hehehe.

Bagi yang tidak biasa makan dengan tempe bosok ini, tentu akan aneh, bahkan tak mungkin risih bahkan membayangkan saja mungkin sulit, masa makanan busuk kok diolah, hehehe

Apa sih tempe bosok itu? adalah tempe yang siap masak, tempe matang, disimpan beberapa hari, sehingga berubah warna menjadi coklat kehitaman.

Jika bagi sebagian orang tak mungkin dimakan, bagiku justru rasanya unik, nikmat, seksi gitu, hehehe. rasanya tak terlukiskan deh. Bagiku masak lodeh tanpa tempe bosok, menjadi lodeh yang tidak berasa, hehehe

Nah, aku mau berbagi resep masakan kegemaranku, setelah mengamankan tempe selama sekitar lima hari, maka aku bisa juga mengeksekusi lodeh dengan tempe bosok

Bahan - bahan yang disiapkan
2 ikat daun singkong, dibuang daun yang sudah sangat tua
2 buah cabai hijau, dipotong 1 cm
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 cm lengkuas dimemarkan
3 lembar daun salam
2 sendok teh air asam jawa dari 1 sendok teh asam dilarutkan dalam 1 sendok makan air

 Daun singkong rebus

Bumbu yang Dihaluskan
3 biji cabai merah
6 butir bawang merah
1 siung bawang putih
Sedikit trasi yang sudah dibakar
2 cm kencur
35 gram tempe bosok, dihancurkan kasar bersama bumbu


Tempe bosok

Bumbu yang sudah dihaluskan

Cara Memasak

  1. Daun singkong dicuci bersih, direbus sampai matang dan empuk.
    Kalau saya, daun singkong masih saya iris lembut karena sifat daun singkong yang agak alot. Bagi yang suka daun utuh monggo, terserah selera masing-masing.
  2. Santan direbus terpisah, sampai mendidih. Jaga santan jangan sampai pecah dengan mengaduknya saat santan mendidih.
  3. Masukkan ke dalam santan, semua bumbu, baik bumbu yang dihaluskan maupun cabai iris, lengkuas, garam, gula dan daun salam.
  4. Setelah santan mendidih dan mengeluarkan aroma harum, masukkan daun singkong.
  5. Aduk hingga matang.
Catatan:
Lodeh dengan tempe bosok ini bisa digunakan juga dengan sayuran lain, seperti kacang panjang, labu siyam, petai, tahu dan laiinya, sesuai selera masing-masing.

Lauk yang cocok menemani sayur lodeh, biasanya  ikan peda, dan sambal terasi.


19 komentar:

  1. penasaran sama rasanya. emang enak ya bu?

    BalasHapus
  2. Bookmarked ah. Kemaren soalnya saya bikin bumbunya udah enak, eeh daunnya masih keras padahal udah direbus. Saya juga cuma dipetikin nggak dirajang-rajang daunnya. Btw, kalo pake tempe semangit dulu mbah saya kalo bikin sayur ini juga pakai tempe semangit, cuma saya belum berani masukin takut malah jadi ngga enak.

    BalasHapus
  3. ini sungguh menggoda iman ya mbak,apalagi dibaca pada jam segini. asli bikin laper.

    BalasHapus
  4. aku suka tempe bosok mbak hanya disini susah nemu nya. pernah minta tolong teman bawain yang ada beneran jamuran dan hancur hiksss...

    BalasHapus
  5. hemm....
    biasnya saya bikin lodeh daun singkong tapi gk pernah pake tempe bosok...
    tar saya coba lah...

    BalasHapus
  6. Tempe bosok ini rasanya aneh tapi suamiku suka, apalagi dibuat sambal

    BalasHapus
  7. Aku masak tempe bosok buat sambal mba. Blm pernah untuk daun singkong, Jadi pengen nyoba :)

    BalasHapus
  8. bener-bener penasaran sama tempenya. Sepintas tadi tempe mentah yang nyaris busuh, tapi ini matang ya

    BalasHapus
  9. Terasinya bisa diganti ebi ngga mbak?

    BalasHapus
  10. Terasinya bisa diganti ebi ngga mbak?

    BalasHapus
  11. boleh di coba ini resepnya, bagaimana dengan rasanya ya? penasaran

    BalasHapus
  12. whuaaaa iya banget..
    ini menu paporit keluarga dr mama, trus biasanya suka di campurinikan teri,haduuh maknyoos..
    Jadi kangen masakan MAma niy :D

    BalasHapus
  13. wiiih ini kesukaan bapakku, dulu ibuku sering deh masak ini

    BalasHapus
  14. Ktanya dengan tempe bosok...sayuran makin hijau dan empuk. Kata ibu saya mbak.. Tapi mmng lebih enak bagi ilat jowo kayak saya...😊

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. ini mah,sedep bangetttt....

    BalasHapus
  17. Duuh lama ga masak daun singkong jadi kepingin... kalo tempe bosok biasanya aku masak jadi sambal tumpang favorit pak Suami...

    BalasHapus